update newgoogle algorithm

Tips Dan Trik SEO Blog Terbaru Sesuai Algoritma Google 2016. Optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) Blog terbaru 2016 sesuai Algoritma Google ini saya kutip dari situs Hub dari Forbes: Top 7 SEO Trends That Will Dominate 2016.

Tips SEO Blog Terbaru 2016 Sesuai Algoritma Google
Tips SEO yang fokus untuk strategi SEO Google ini akan relevan untuk tahun 2016 dan seterusnya.
Satu hal terpenting dalam tips SEO Blog terbaru 2016 adalah bahwa Google semakin fokus pada indeks dan penyajian konten berkualitas yang relevan dengan kata/istilah atau keyword yang dicari user.

Cara Kerja Algoritma Google Core – Update Algoritma Google Terbaru 2016

Jika kita mendalamai lebih jauh tentang perkembangan Algoritma Google Core ini, mungkin masih sedikit agak terlalu dini jika kita berasumsi ini dan itu. Hal ini didasari dari pengalaman dan pemahaman kita tentang undate terbaru Algortima Google sebelumnya. Dimana dalam perkembangan terbarunya, titik fokus utama rangking sebuah blog atau website terletak dari tiga komposisi utama, yakni:
  1. Desain tampilan mobile friendly (responsive design)
  2. Kualitas artikel (hight quality content)
  3. Backlink

Tips SEO Blog Terbaru

Dan Berikut ini Tips SEO Blog Terbaru 2016 yang merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya. Intinya, Google dan mesin pencari lain tetap menguatamakan konten atau kualitas postingan yang baik dan relevan.

Menurut Forbes, SEO Terbaru akan mengistimewakan konten video. SEO Mobile dan Linkbuilding juga memainkan peran makin penting untuk indeks Google.
Video Content Will Overtake Written Content.
Mobile-Optimization Will Become More Important
Social Content Will be More Readily Indexed
Deep Links in Apps Will Become More Important

 

Kata Kunci (Keyword): Fokus pada Topik Konten

Algoritma Google saat ini dan ke depan akan lebih fokus pada kata kunci pada judul posting, meta tag, URL, kepadatan kata kunci (keyword density), plus relevansi kata kunci dengan topik. Artikel, tulisan, atau posting harus memasukkan lebih banyak kata kunci yang relevan dengan topik posting.

Ini bukan berarti kita harus menuliskan kata kunci sebanyak-banyaknya, tapi harus menggunakan kata kunci yang semakna (sinonim) dengan kata kunci utama dan berkaitan dengan topik yang di ulas.

Kualitas Artikel: Tulisan Panjang dan Bermakna

Sejak Google menerapkan algoritma Google Panda, banyak website yang turun peringkat karena artikelnya (posting) pendek-pendek, sekitar 250 kata. Artinya, kini Google lebih mengutamakan posting yang panjang diatas 500 kata dan mengabaikan artikel pendek ,artikel pendek dianggap sebagai konten yang tidak serius atau hanya sekedar menulis.

Banyak website/blog yang sukses dengan posting panjang 1.500 kata. Tapi ingat, posting atau tulisan panjang harus tetap ditulis dengan baik, tata bahasa yang benar, dan berisi hal yang bermakna (bermanfaat) bagi user (pembaca) bukan hanya mengulang kata kata .Artikel harus tetap fokus pada kata kunci dan topik tulisan dan Tidak asal panjang.

Meningkatkan Trafik: Konten Segar dan Unik

Guna meningkatkan trafik atau pengungjung, kita harus menulis artikel/posting yang segar dan unik (Unique and Fresh Content). Posting copy paste dari blog lain tanpa mengedit dan memodifikasi tentu tidak masuk dalam kriteria konten unik dan segar.

Konten segar dan unik yaitu tulisan yang belum ditulis oleh blogger lain atau topik yang sama tapi dengan sudut pandang atau pendekatan yang berbeda atau sudah di urai dengan penambahan dan pengurangan kata atau kalimat.

Konten segar dan berkualitas akan di-share oleh user ke Google+, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Agar bisa membuat konten segar dan berkualitas, kita harus kreatif, banyak baca, banyak referensi, pandai membaca topik hangat, dan tentu saja bisa menulis dengan baik.

Menghindari Bounce Rate

Semakin betah user membuka blog kita, semakin jauh bounce rate dari blog kita, dan otomatis itu meningkatkan trafik dan ranking blog.

 

How much time does visitor to your website spent or in other words bounce rate. Well if you are having a meaningful content and giving what visitor wants than he will be spending more time on your webpage. Increasing user engagement on your website can reduce bounce rate and thereby increase the chances of better ranking.

Selain karena konten berkualitas, user juga akan betah dan berlama-lama di blog kita jika desain, tampilan, atau template blog kita SEO Friendly dan User Friendly.

Layuot (tata letak) yang bagus, jenis huruf yang bagus dan mudah dipindai/dibaca, spasi antar alinea, spasi antar baris, navigasi yang baik, juga keterseiaan link (internal link).

Template Blog SEO Friendly dan User Friendly itu cirinya fast loading, tidak lelet, bersih, simple, tidak banyak warna, ada breadcrum, ada related posts, ada sosial share, dan sebagainya. Untuk itu, gunakan template blog yang SEO Friendly!

Jangan Terlalu Banyak Iklan!

Jangan terlalu banyak iklan di blog Anda. Selain mempengaruhi loading, terlalu banyak iklan juga kurang SEO dan bisa kena penalti Google. Taruh iklan sewajarnya saja maksimal 3 saja dan Hindari pula animasi dan iklan pop up dan sejenisnya karenasangat tidak disukai Google dan pembaca.

Judul dan Header yang Menarik

Gunakan judul dan header yang menarik, unik, tapi tidan “aneh”. Kata kunci tetap harus diperhatikan. Judul harus tetap sesuai dengan isi atau topik tulisan. Daya tarik bisa didukung ukuran dan warna huruf.

Tips SEO Blog Terbaru 2016: Gunakan Meta Deskripsi

Pastikan blog Anda mempunyai Meta Tag (Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword). Kata kunci (keywods) harus relevan dengan judul dan deskripsi. Hindari stuffing, yaitu “penipuan” atau penyimpangan kata kunci.

URLs yang Mudah Dibaca

URL posting sebaiknya sama dengan judul.

Gunakan “Custom Permalink”. Copas judul posting Anda ke kolom yang disediakan, dan sambungkan kata demi kata dengan tanda strip (-). Hindari juga Stop Words dalam Pemalink.

Fast Loading: Kecepatan Loading Blog

Google menyukai dan menyarankan blog kita tampil cepat (fast loading). Gunakan template yang simple, SEO, dan hindari gambar yang besar.

Blog dengan loading cepat disukai mesin pencari juga user, sehingga mengurangi Bounce Rate sekaligus bisa menaikkan trafik dan ranking blog.

Pastikan Soal Crawl

Blog kita harus mudah di-crawl oleh Google. Gunakan Meta Robots dalam template Anda. Jangan lupa pengaturan soal nofollow,gunakan nofollow untuk link keluar yang menuju situs lain dan dofollow ,gunakan dofollow untuk link artikel anda yang menuju postingan lain.

Bagaimana cara kerja robot mesin pencari (search engine) Google???

Cara kerjanya ternyata simple, yakni dengan mengutamakan link-link (hyperlink) dari sebuah halaman yang sudah pernah dikunjunginya. Itu artinya, manakala ada sebuah artikel yang sama sekali belum pernah dikujungi oleh robot Google, ya tentu artikel tersebut akan dianak tirikan oleh Google. Namun apakah ada kemungkinan sama sekali tidak akan dibuka? Ya tergantung. Jika memang dirasa kualitas artikel tersebut masuk dalam kriteria Google akan tingkat relevansi sesuai harapan user, ya bisa saja dibuka.

Secara sederhana itulah proses crawling (perayapan) yang dilakukan oleh robot Google. Tentu saja hal itu dilakukan dengan banyak komputer, bahkan ribuan komputer. Tidak bisa kita membayangkan hanya dengan satu dua komputer.

Secara simple, robot mesin pencari digolongkan menjadi dua, yakni Freshbot dan DeepBot. Apa yang dimaksud Freshblot dan Deepbot?

Freshbot adalah suatu robot mesin pencari (search engine) Google yang bertugas untuk mengamati apakah terdapat sebuah konten (artikel) baru di dalam sebuah blog atau situs. Jadi, fungsi dari freshbot ini nanti lebih pada proses indeks artikel.

Namun, dalam prosesnya terkadang ada sebuah blog atau situs ketika melakukan update artikel, namun tidak secara langsung bisa terindeks Google. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Backlink
  • Pagerank
  • Frekuensi posting (update)
Katanya backlink dan Pagerank sudah tidak berguna lagi untuk saat ini mas? benarkah Google sudah tidak butuh backlink untuk trafik sebuah situs? salah satu faktor penting dalam meningkatkan pembacaan search engine ke sebuah situs atau blog adalah maksimalnya optimasi SEO Onpage serta adanya keterkaitan dengan backlink. Namun demikian, untuk saat ini backlink memang sudah tidak lagi menjadi faktor penentu di dalam peningkatan sebuah situs di dalam algoritma search engine, khususnya google.

faktor pembacaan situr di mesin pencari

Bahasa sederhananya, backlink tetap saja masih berpengaruh terhadap pembacaan mesin pencari terhadap sebuah situs atau blog. Namun, faktor penentu yang paling terkini sesuai dengan algoritma Google (selaku mesin pencari nomor wahid saat ini) tetap memberikan sumbangsih terhadap trafik sebuah situs.

Kesimpulan

Peningkatan trafik sebuah situs didasari atas pembacaan (indeks) yang telah dilakukan oleh search engine. Pembacaan yang dilakukan tersebut didasarkan pada kualitsa sebuah situs atau blog. Sedangkan kualitas sebuah situs tidak sekedar dinilai dari adanya backlink yang banyak, namun yang terpenting saat ini adalah optimasi SEO Onpage dengan kualitas nomor wahid-nya adalah kualitas konten. Sejauh konten yang kita tulisakan di dalam situs atau blog kita berkualitas, maka itu sudah memberikan optimasi paling utama di dalam pembacaan mesin pencari.

Untuk saat ini, hal terbaru yang mungkin tidak asing lagi adalah PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority). So, silakan tingkatkan DA dan PA blog atau situs sobat untuk tingkat peringkat yang bagus di mata Google.
Lalu bagaimana dengan Deepbot ?

Tidak jauh berbeda dengan Freshbot, Deepbot berfungsi untuk crawling namun lebih fokus pada artikel lawas atau pada artikel secara keseluruhan, baik berupa data yang ada di blog atau situs kita. Proses Deepbot ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, dan biasanya pertengahan bulan sampai akhir bulan. Ada juga dari informasi lain yakni dari tanggal 20an sampai akhir bulan.

2. Indexing (pengindeksan)

Indexing yang dilakukan Google atau search engine didasarkan pada pengumpulan informasi yang telah dilakukan pada tahap crawling tadi. Pada tahap indexing ini, Google akan menggunakan data base yang isinya tingkat kualitas sebuah halaman dari sebuah situs, yang disusun secara sistematis berdasarkan tingkat relevansi. Tingkat relevansi ini berdasarkan kualitas dan kepuasan user atau pengguna. Namun biasanya cara termudah adalah dengan penilaian tingkat kata kunci atau keyword.

Dari data base dengan berbagai isi tadi, akan disusun sebuah peringkat secara terperinci. Sehingga, sangat bahaya sekali manakala sebuah blog atau situs yang masih terdapat duplikat content. Duplikat content ini akan dinilai Google sebagai sebuah estimasi yang kurang baik. Sehingga, lakukan langkah jitu agar blog sobat terhindar dari duplikat content.

3. Penyajian Data Hasil Kepada User (pengguna)

Dalam tahap ini, tentu setelah melewati tahapan crawling dan indexing. Semua data base inilah yang biasa dinamakan dengan Algortima Google. Algortima Google untuk saat ini yang masih terkenal adalah:
  1. Hummingbird
  2. Algoritma Spam (Panda dan Penguin)
  3. MobileGeddon
  4. Google Panthom
Ketiga algortima Google di atas menjadi tumpuan dan acuan penting yang menjadi dasar mesin pencari (seacrh engine) untuk menyajikan data, yang termuat dalam sebuah halaman artikel. Bisa juga termuat di dalam halaman situs secara utuh.
Algortima Panda akan bertugas menyoroti sebuah artikel, sejauh mana kualitasnya, tingkat keunikan dan keperbaruannya. Bisa juga tingkat manfaat dan kegunaannya. Sedangkan Algortima Penguin, lebih pada kualitas backlink dan bisa juga spamm (sampah). 
Hal ini bisa terjadi manakala blog atau situs kita terdapat indikasi ketidakwajaran, dari segi backlink ataupun keberadaan aktivitas spam yang dilakukan oleh pembaca atau orang yang memang sengaja menyebarkan link yang tidak wajar. Hal inilah yang menjadi kesalahan utama para blogger.>
Banyak para blogger yang cenderung menganggap banyak backlink akan meningkatkan trafik. Namun kenyataannya, banyak backlink yang tidak proporsional alias tidak wajar, akan bisa saja dinilai sebagai kecurangan dan itu bisa berakibat penalty oleh pihak Google.
Tahap penyrtiran selanjutnya dilakukan oleh Algortima Hummingbird. Algoritma ini akan bertugs menilai sejauh mana tingkat relevansi sebuah halaman terhadap kata kunci yang dimasukkan user. Secara tidak langsung, Algortima Hummingbirds berfokus pada sebuah kualitas sebuah artikel.

Bisa dipastikan, jika ada sebuah artikel dengan kualitas bagus (edukasi, memberikan solusi dan unik) akan sangat membantu blog sobat mendapat peringkat pertama Google.

Ada juga Algortima MobileGeddon. Algortima ini akan menilai sejauh mana tampilan blog sobat jika dilihat dengan berbagai perangkat (device).

Tinggalkan Balasan

ALIP BLOG © 2017 DMCA.com Protection Status